PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP MASALAH SISWA BERKESULITAN BELAJAR KELAS VII.6 DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

RAHMADIA, MEILINDA TRI and Wasidi, Wasidi and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP MASALAH SISWA BERKESULITAN BELAJAR KELAS VII.6 DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MEILINDA TRI RAHMADIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan cognitive behavior therapy terhadap kesulitan belajar siswa kelas VII.6 di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 33 siswa kelas VII 6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 6 orang siswa menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan kesulitan belajar siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan Cognitive Behavior Therapy (CBT) sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 156.67 dalam kategori tinggi dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 92.83 dalam kategori rendah. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test) yang menunjukkan nilai t= 8,626 (p < 0,05) Artinya ada pengaruh terhadap masalah siswa berkesulitan belajar setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) pada siswa kelas VII.6 di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Kata kunci: kesulitan belajar, konseling kelompok, teknik cognitive behavior therapy.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:07
Last Modified: 22 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item View Item