PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI SMAN 1 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG

SURYANI, MITA and Yessy, Elita and Achmad, Aminudin (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI SMAN 1 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MITA SURYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki kemampuan mengelola emosi yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan terapi menulis (writing therapy) untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 33 orang siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 8 orang siswa dengan tingkat kemampuan mengelola emosi rendah. Teknik pengumpulan menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan terapi menulis (writing therapy). hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -19.067. Artinya terdapat pengaruh terhadap kemampuan mengelola emosi siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan terapi menulis (writing therapy) untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Kata kunci : kemampuan mengelola emosi, konseling kelompok, terapi menulis (writing therapy)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:07
Last Modified: 22 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item View Item