PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI KONFORMITAS NEGATIF PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU

ELVIONA, REA and Wasidi, Wasidi and Rita, Sinthia (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI KONFORMITAS NEGATIF PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI REA ELVIONA (A1L018070) BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya konformitas negatif yang terjadi pada siswa selama proses pembelajaran di sekolah, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik Assertive Training untuk mengurangi konformitas negatif siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 28 siswa kelas VIII H SMP Negeri 20 Kota Bengkulu dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan 7 orang siswa menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner konformitas negatif skala Likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t(paired sample t-test) yang menunjukkan nilai t= 1,94 (p< 0,05). Artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training ini signifikan untuk mengurangi konformitas negatif siswa kelas VIII H SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Kata kunci: konformitas negatif, konseling kelompok, teknik assertive training

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:07
Last Modified: 22 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16242

Actions (login required)

View Item View Item