PENYELESAIAN PELANGGARAN CEMPALO MULUT MENURUT HUKUM ADAT LEMBAK DI KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Vozza, Indra Suganda and Subanrio, Subanrio and Andry, Harijanto (2020) PENYELESAIAN PELANGGARAN CEMPALO MULUT MENURUT HUKUM ADAT LEMBAK DI KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
Skripsi Vozza Indra Suganda - B1A016078 - Penyelesaian Pelanggaran Cempalo Mulut Menurut Hukum Adat Lembak di Kecamatan T~1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dalam pelanggaran cempalo mulut dapat dikenakan sanksi adat yang diputuskan oleh ketua adat dan jajarannya melalui sidang adat tue-tue. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan (1) Untuk menjelaskan dan menggambarkan proses penerapan sanksi adat cempalo mulut yang diberlakukan dimasyarakat Hukum Adat Lembak. (2) Untuk menjelaskan apakah putusan lembaga adat tersebut dijalankan oleh masyarakat di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada yaitu, keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu, (1)Proses penyelesaian cempalo mulut di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah melalui musyawarah mufakat sidang tue-tue, dengan 32 tahapan proses penyelesaian. (2) Setiap keputusan dari sidang tue-tue harus dijalankan oleh pelaku pelanggaran adat. Kata kunci : cempalo mulut, hukum adat Lembak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:56
Last Modified: 22 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

View Item View Item