ANALISIS PIPA JARINGAN DISTRIBUSI AIR SUNGAI UNTUK KEBUTUHAN AIR BAKU DENGAN SOFTWARE EPANET STUDI KASUS KECAMATAN BINGIN KUNING KABUPATEN LEBONG)

PARAMIDA, KLARISA and Muhammad, Fauzi and Khairul, Amri (2017) ANALISIS PIPA JARINGAN DISTRIBUSI AIR SUNGAI UNTUK KEBUTUHAN AIR BAKU DENGAN SOFTWARE EPANET STUDI KASUS KECAMATAN BINGIN KUNING KABUPATEN LEBONG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Klarisa Paramida (G1B013055).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pipa jaringan distribusi air baku agar masyarakat Kecamatan Bingin Kuning dapat memenuhi kebutuhan air baku dan mensimulasikan pipa jaringan distribusi air baku di Kecamatan Bingin Kuning menggunakan software epanet. Pada penelitian ini dilakukan kuesioner pada masyarakat Bingin Kuning dan pengumpulan data-data sekunder untuk pembuatan perencanaan pipa dan mensimulasikan hasil dari perencanaan tersebut dengan software Epanet 2.0. Direncanakan pipa distribusi air baku untuk Kebutuhan Air Masyarakat Bingin Kuning. Kebutuhan Air masyarakat Bingin Kuning pada tahun 2.041 adalah 24,43 l/det. Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut direncanakan pipa distribusi air bersih dengan pipa induk menggunakan pipa HDPE berdiameter 150 mm. sedangkan pada daerah layanan menggunakan pipa HDPE dengan diameter 75 mm – 110 mm. Digunakan 8 buah pompa untuk menambah kecepatan.Hasil dari simulasi Epanet didapatkan tekanan maksimum sebesar 192,47 m dan tekanan minimum 0,11 m pada awal intake. Kecepatan yang didapat dalam simulasi epanet 9,77 m/det kecepatan ini dibantu dengan pompa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 05 Mar 2018 04:08
Last Modified: 05 Mar 2018 04:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item