PENGARUH PEMANFAATAN ABU PECAHAN TERUMBU KARANG DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON PENGARUH PEMANFAATAN ABU PECAHAN TERUMBU KARANG DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON PENGARUH PEMANFAATAN ABU PECAHAN TERUMBU KARANG DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON

RAMAHAYATI, NUZSHI and Yuzuar, Afrizal and Mukhlis, Islam (2017) PENGARUH PEMANFAATAN ABU PECAHAN TERUMBU KARANG DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON PENGARUH PEMANFAATAN ABU PECAHAN TERUMBU KARANG DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON PENGARUH PEMANFAATAN ABU PECAHAN TERUMBU KARANG DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
SKRIPSI NUZSHI RAMAHAYATI (G1B012050).pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semen portland merupakan jenis semen yang harganya relatif mahal apabila digunakan pada konstruksi-konstruksi yang memerlukan persyaratan yang sederhana. Pemanfaatan bahan lokal menggunakan abu pecahan terumbu karang dan abu sekam padi merupakan salah satu solusi. Komposisi kapur dan silika yang cukup besar pada abu pecahan terumbu karang dan abu sekam padi, membuat abu ini bersifat pozzolan yang bila dicampur dengan semen dapat menambah kuat tekan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kuat tekan beton pada setiap variasi penggantian sebagian semen yang digunakan yaitu 2,5%, 5%, 7,5% dan 10%, dimana setiap variasi terdiri dari 70% abu pecahan terumbu karang dan 30% abu sekam padi dari volume semen yang digunakan. Benda uji berbentuk kubus dengan ukuran (15x15x15) cm sebanyak 20 benda uji. Campuran adukan beton sesuai SNI 03-2834-2000 menggunakan nilai faktor air semen 0,5 dan slump 60-100 mm. Hasil kuat tekan beton variasi setiap penambahan persentase mengalami peningkatan dan penurunan dari hasil kuat tekan beton normal sebesar 368,24 kg/cm 2 . Peningkatan maksimum terjadi pada kuat tekan beton variasi 7,5% sebesar 384,76 kg/cm 2 dan mengalami penurunan kuat tekan beton variasi 10% sebesar 367,40 kg/cm 2 .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 06 Mar 2018 03:20
Last Modified: 06 Mar 2018 03:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item