PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PT. AGRICINAL DENGAN KOPERASI PERKEBUNAN TANI MAKMUR DI KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO

DESY, APRILIA and Hamdani, Maakir and M., Yamani Komar (2020) PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PT. AGRICINAL DENGAN KOPERASI PERKEBUNAN TANI MAKMUR DI KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perjanjian merupakan hal penting dan pasti yang dilakukan dalam suatu kontrak atau kerjasama kerja antara orang/pekerja dan pengusaha sebelum melakukan pekerjaan yang dimaksudkan bersama, baik dengan perjanjian tertulis ataupun tidak tertulis. Bertujuan agar kedua belah pihak memenuhi kewajibannya dalam pemenuhan hak yang telah diatur dalam perjanjian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa perjanjian kemitraan antara PT. Agricinal dengan Koperasi Perkebunan Makmur Mandiri di Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko tidak dapat dijalankan dan cara penyelesaian perselisihan perjanjian kemitraan antara PT. Agricinal dengan Koperasi Perkebunan Makmur Mandiri di Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum empiris. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak dapat dijalankan karena kebun plasma masyarakat di Kecamatan Pondok Suguh masuk dalam kawasan HPT Tegister Air Ipuh Dua, dan juga ada beberapa faktor lain seperti tidak adanya keterbukaan pihak perusahaan kepada anggota plasma yang berkaitan dengan masalah pengolahan, pembangunan, dan pembiayaan kebun plasma. Penyelesaian perselisihan ini akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat antara kedua belah pihak. Apabila perselisihan/wanprestasi tidak dapat diselesaikan dengan cara tersebut, maka kedua belah pihak sepakat untuk menunjuk kantor koperasi dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Mukomuko. Kata kunci : perjanjian, kemitraan, penyelesaian perselisihan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:02
Last Modified: 25 Sep 2023 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16275

Actions (login required)

View Item View Item