PENGARUH RELATED PARTY TRANSACTIONS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan Tahun 2012-2019)

Putra, Ade Maulana and Eddy, Suranta and E. Lismawati, E. Lismawati (2023) PENGARUH RELATED PARTY TRANSACTIONS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan Tahun 2012-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
HASIL PENELITIAN muhammad edro ( BAB I- BAB V ) final 19 - Edro Bilivya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menguji pengaruh related party transction terhadap nilai perusahaan dimoderasi kepemilikan institusional. Variabel related party transaction diukur dengan benefecial related party transactions (BRPT), detrimental related party transactions (DRPT). Variabel kontrol terdiri dari ukuran perusahaan, usia perusahaan, leverage dan ROA sedangkan variabel dependen adalah nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan Tobin's Q. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 23. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama Periode 2012-2019. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan purpossive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa benefecial related party transactions (BRPT) mampu meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan detrimental related party transactions (DRPT) tidak mampu meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan institusional tidak mampu memperkuat berpengaruh detrimental related party transactions (DRPT) dan benefecial related party transactions (BRPT) untuk meningkatkan nilai perusahaan. Implikasi dari penelitian ini telah mengkonfirmasi bahwa benefecial related party transactions (BRPT) dapat membantu perusahaan menjalankan bisnisnya secara lebih efisien, seperti mengurangi biaya transaksi (biaya bunga yang lebih rendah dari kas yang diterima dari pihak berelasi), menghasilkan dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien, serta membantu unit usaha yang kinerjanya kurang baik. Kemudian kepemilikan institusional dapat memberikan memberikan pengawasan atas aktifitas transaksi dengan adanya bentuk pengawasan dari investor institusional akan membatasi perilaku manajemen dan mendorong manajemen untuk lebih fokus terhadap nilai perusahaan. Investor dapat benefecial related party transactions (BRPT) yang dilakukan perusahaan dan nilai ROA yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan investasi, karena benefecial related party transactions (BRPT) yang dilakukan perusahaan dapat meningkatkan nilai ROA yang dihasilkan perusahaan sesuai dengan tujuan jangka pendek kepemilikan institusional yaitu untuk meningkatkan laba, dengan harapan investor dapat merasakan capital gain yang dari kegiatan perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah populasi pada penelitian ini dari multisektor, yang memungkinkan terjadinya biasa karena perbedaan tata kelola keuangan pada setiap sektor industri. Pengukuran nilai perusahaan, peneliti menggunakan Tobins'q, untuk menggambarkan nilai perusahaan terdapat proksi lain yang dapat digunakan sehingga memungkinkan hasil yang berbeda jika menggunakan alternatif proksi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:13
Last Modified: 29 Sep 2023 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item