STUDI PENGARUH RADIUS KEKUATAN STRUKTUR PROFIL H DAN I STUDI PENGARUH RADIUS FILLET TERHADAP EKUATAN STRUKTUR PROFIL H DAN I TERHADAP

PURWANTO, EKO and Dedi, Suryadi and Ahmad, Fauzan Suryono (2017) STUDI PENGARUH RADIUS KEKUATAN STRUKTUR PROFIL H DAN I STUDI PENGARUH RADIUS FILLET TERHADAP EKUATAN STRUKTUR PROFIL H DAN I TERHADAP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
EKO PURWANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Struktur batang profil H dan I sering digunakan pada konstruksi suatu bangunan. Kelebihan beban dapat berakibat perubahan fungsi batang struktur. Masalah yang ada pada batang struktur di antaranya adalah defleksi, tegangan, dan regangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan struktur profil H dan I dengan perbedaan radius fillet. Variasi radius fillet yang diberikan adalah tanpa radius fillet, r = 2 mm, 4 mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm 12 mm, 14 mm, dan 16 mm. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bantuan perangkat lunak Ansys Workbench 12.0 untuk memodelkan desain batang profil dan menganalisis kekuatan profil. Material yang digunakan pada batang profil H dan I pada penelitian ini adalah baja struktural yang mempunyai nilai modulus elastisitas sebesar 200000 N/mm 2 . Besar pembebanan yang diberikan sebesar 1000 N dan dengan panjang batang profil 1000 mm. Analisis kekuatan batang profil yang dilakukan adalah analisis defleksi, tegangan maksimum dan regangan maksimum. Hasil nilai defleksi tertinggi pada profil H adalah sebesar 1,2663 mm dan nilai defleksi tertinggi pada profil I sebesar 0,48354 mm. Hasil analisa tegangan maksimum pada profil H adalah 44,524 MPa dan pada profil I adalah 18,79 MPa. Hasil analisa regangan maksimum profil H adalah 2,031x10 -5 dan pada profil I 8,562x10 -4 . Dengan variasi radius fillet pada profil H dan I samasama memiliki nilai defleksi, tangan maksimum dan regangan maksimum terendah pada r = 16 mm dan nilai tertinggi pada profil tanpa radius fillet. Perbandingan defleksi pada profil H dan I didapatkan bahwa profil I memiliki nilai defleksi yang lebih rendah daripada profil H. Ini menunjukkan bahwa profil I memiliki kekuatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan profil H.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:34
Last Modified: 08 Mar 2018 08:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16306

Actions (login required)

View Item View Item