PENYELESAIAN SENGKETA HIBAH ATAS TANAH ANTARA BAPAK BENU DENGAN PEMERINTAH DESA RENAH SEMANEK KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

RESTI, RAHMADAYANTI and Joko, Susetyanto and Rahma, Fitri (2020) PENYELESAIAN SENGKETA HIBAH ATAS TANAH ANTARA BAPAK BENU DENGAN PEMERINTAH DESA RENAH SEMANEK KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI RESTI RAHMADAYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Hibah merupakan salah satu bentuk dari perjanjian. Hibah merupakan suatu pemberian yang dilakukan secara Cuma-Cuma dari satu pih kepada pihak lain tanpa adanya kontraprestasi dari penerima. Adapun permasalahan yang di angkat dalam penulisan skripsi ini yaitu Bagaimana Bentuk Hibah Atas Tanah Antara Bapak Benu Dengan Pemerintah Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bagaimana Penyelesaian Sengketa Hibah Atas Tanah Antara Bapak Benu Dengan Pemerintah Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis peneliti an ini adalah penelitian hukum empiris karena terjadinya kesenjangan antara aturan yang mengatur dengan masalah -masalah yang terjadi di masyarakat. Teknik pe ngumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui wa wancara dan membaca literatur - literatur yang berkaitan dengan permasalahan. Untuk teknik analisis data, digunakan teknik deskriptif analitis, dikaitkan dengan teori-teori relevan kemudian disimpulkan untuk menjawab permasalahan. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat di simpulkan bahwa hibah yang dilakukan tersebut bermasalah karena dari awal objek yang dihibahkan belum tidak di perjelaskan secara spesifik dan pada saat akan dilakukan pembuatan jalan kurangnya koordinasi antara pihak pemerintah Desa Renah semanek dengan masyarakat penghibah terutama keluarga Bapak Benu. Kata Kunci: Penyelesaian Sengketa,Hibah, Peralihan hak atas tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:48
Last Modified: 25 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16309

Actions (login required)

View Item View Item