TANGGUNG JAWAB PENGELOLA PARKIR TERHADAP KEHILANGAN KENDARAAN DAN KERUSAKAN FISIK KENDARAAN DI JALAN MERDEKA KOTA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

SYAHRI, MUBARAK and Widiya, N Rosari and Rahma, Fitri (2020) TANGGUNG JAWAB PENGELOLA PARKIR TERHADAP KEHILANGAN KENDARAAN DAN KERUSAKAN FISIK KENDARAAN DI JALAN MERDEKA KOTA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
syahri mubarak (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dalam pasal 19 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti kerugian yang sesuai dengan nilai kerugian yang dialami oleh konsumen. Sementara di 27 titik parkir di Jalan Merdeka Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong memberikan ganti kerugian yang tidak sesuai dan tidak mengganti kerugian secara penuh dengan kerugian yang dialami oleh konsumen jasa parkir pada 27 titik parkir di Jalan Merdeka Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui dan menggambarkan tanggung jawab pengelola usaha parkir terhadap pengguna parkir di Jalan Merdeka Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong (2) Untuk mengetahui dan menggambarkan bentuk penyelesaian hukum terhadap konsumen dalam pelayanan jasa parkir oleh pengelola usaha parkir di Jalan Merdeka Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis-empiris yang dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum sosiologi dan dapat pula disebut dengan penelitian lapangan. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan elemen sampel dengan sengaja dipilih berdasarkan kriteria dan sesuai dengan tujuan peneliti (sampel non random). Pengolahan dan analisi data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelola parkir dan/atau petutgas parkir tidak mau ganti kerugian, atas kehilangan kendaraan bermotor dan/atau rusak fisik kendaraan bermotor, sedangkan tanggung jawab terhadap kerugian konsumen pelaku usaha harus memberikan ganti kerugian dari harga barang yang hilang atau rusak, sedangkan upaya yang di tempuh konsumen hanya melalui cara kekeluargaan dengan negosiasi antara pelaku usaha dengan konsumen. Kata Kunci : Tanggung jawab, Dinas Perhubungan Kota Curup, pengelola parkir, juru parkir, konsumen, penyelesaian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:52
Last Modified: 25 Sep 2023 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item