KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TEKANAN UDARA DAN CELAH KELUARAN UDARA TERHADAP BENTUK SPRAY TIMAH DENGAN METODE ATOMISASI UDARA MENGGUNAKAN NOZZLE TIPE CLOSE COUPLED”.

Barto Munthe, Samuel and Agus, Suandi and Sofwan, Sofwan (2017) KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TEKANAN UDARA DAN CELAH KELUARAN UDARA TERHADAP BENTUK SPRAY TIMAH DENGAN METODE ATOMISASI UDARA MENGGUNAKAN NOZZLE TIPE CLOSE COUPLED”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Samuel Barto Munthe.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan serbuk logam banyak dikembangkan dalam dunia industri manufaktur sebagai material utama sebuah pekerjaan. Atomisasi adalah salah satu proses yang digunakan dalam produksi serbuk logam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi tekanan udara dan celah udara memvisualisasikan aliran spray serta ukuran serbuk yang terbentuk hasil dari atomisasi.Timah sebagai bahan baku utama proses atomisasi dikondisikan di suhu 300 o C sebelum proses atomisasi dilakukan. Nozzle yang digunakan pada sistem kali ini menggunakan tipe close coupled nozzle dengan sistem open wake. Penelitian menunjukkan hasil bahwa perubahan nilai celah udara berbanding terbalik dengan nilai ukuran terbesar serbuk yang didapat. Yang menunjukkan semakin besar nilai celah udara maka semakin kecil ukuran serbuk terbesar yang didapat. Di mana nilai terbesar ukuran serbuk didapat pada percobaan di celah udara 0,05 mm dengan tekanan udara 4,5 bar dengan ukuran sebesar 2381 µm. Sedangkan nilai terkecil ukuran serbuk didapat pada percobaan di celah udara 0,2 mm dengan tekanan udara sebesar 4,5 bar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 09 Mar 2018 03:21
Last Modified: 09 Mar 2018 03:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16312

Actions (login required)

View Item View Item