PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP SELF-ESTEEM DAN ASERTIVITAS SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU

SELFIANTI, PIAH OKTA and I Wayan, Dharmayana and Rita, Sinthia (2016) PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP SELF-ESTEEM DAN ASERTIVITAS SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF SKRIPSI PIAH OKTA SELFIANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral terhadap self-esteem dan asertivitas siswa broken home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretestpostest one group design. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang siswa broken home kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang memiliki self-esteem dan asertivitas yang renda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket self-esteem dan angket asertivitas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan ada peningkatan selfesteem dan asertivitas pada siswa broken home sehingga bisa mengembangkan kemampuan serta mampu untuk menjadi diri sendiri tanpa hambatan melalui layanan konseling behavioral. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan dengan nilai Z = -2,201 antara pre-test dan post-test di peroleh p = 0,028, maka p < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : self-esteem, asertivitas, konseling behavioral, siswa broken home

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 09 Mar 2018 03:14
Last Modified: 09 Mar 2018 03:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item