PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS VII SMP IT IQRO’ KOTA BENGKULU

Ilfiya, Dhiyaul and M. Fachruddin, M. Fachruddin and Nurul, Astuty Yensy (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS VII SMP IT IQRO’ KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DHIYAUL ILFIYA A1C102022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perbandingan Hasil Belajar siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Square dengan Tipe Numbered Heads Together di SMP IT Iqro’ Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Pembimbing Utama Drs. M. Fachruddn. S,M.Pd, Pembimbing Pendamping Nurul Astuty Yensy.B. S.Si, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dikelas VII SMP IT Iqro’ Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Iqro’ Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Square (TPSq) dan Kelas VII D dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Untuk analisis data menggunakan uji beda t-test satu pihak. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 78,32 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 adalah 64,58. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPSq lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Hasil uji hipotesis diperoleh t hitung = 6,1456 < nilai t = 1,671 dengan Maka H ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPSq lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT di kelas VII SMP IT Iqro’ Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif Tipe Tipe Think pair Square (TPSq) , Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), tabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 13 Mar 2018 09:13
Last Modified: 13 Mar 2018 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16336

Actions (login required)

View Item View Item