ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII MTs ALQURAN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU

Zolanda, Rizki Fitrah and Rusdi, Rusdi and Effie, Efrida Muchlis (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII MTs ALQURAN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Garis dan Sudut Di Kelas VII MTs Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs .Rusdi, M.Pd. dan Pembimibing pendamping Effie Efrida Muchlis, S.Pd, M.Pd.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C Mts Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 orang siswa.Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan dalam menentukan kedudukan dua garis (48,21%), kesalahan dalam membedakan jenis-jenis sudut (25%), kesalahan dalam menentukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain (27,08%), dan kesalahan dalam menggunakan sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal (78,12%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: a) Siswa tidak paham definisi kedudukan dua garis, cara menggunakan busur, konsep mengenai sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain, serta hubungan sudut , b) Siswa lupa tentang definisi kedudukan dua garis, materi prasyarat yakni perbandingan dan cara menggunakan busur, c) Siswa kurang teliti dalam membaca soal, menuliskan jawaban dan membaca skala pada busur, d) Siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, e) Siswa tidak memahami maksud soal, f) Siswa tidak paham cara menyelesaikan soal dengan data yang ada pada soal. Kata Kunci: Kesalahan, Analisis, Deskriptif dan Garis dan Sudut

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 16 Mar 2018 03:23
Last Modified: 16 Mar 2018 03:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item