PELAKSANAAN GANTI RUGI TANAM TUMBUH MASYARAKAT DI TANAH PT PELABUHAN INDONESIA II UNTUK PEMBANGUNAN PLTU TELUK SEPANG DI KOTA BENGKULU

MUSTIKA, MAHARANI and Emelia, Kontesa and M.Yamani, Yamani (2020) PELAKSANAAN GANTI RUGI TANAM TUMBUH MASYARAKAT DI TANAH PT PELABUHAN INDONESIA II UNTUK PEMBANGUNAN PLTU TELUK SEPANG DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
Mustika Maharani-B1A016232 (SKRIPSI)2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ganti rugi tanam tumbuh milik masyarakat di tanah PT Pelabuhan Indonesia II (PELINDO) tepatnya tanah hak pengelolaan milik PELINDO II untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berada di Kelurahan Teluk Sepang, Kota Bengkulu serta memahami hambatan-hambatan yang terjadi saat pelaksanaan ganti rugi tanam tumbuh masyarakat dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan melihat bagaimana praktek di lapangan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara kepada masyarakat yang terkena pembebasan tanaman tumbuh di lokasi PELINDO II, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pemberian ganti kerugian dilakukan dengan pelepasan tanaman tumbuh tanpa unsur paksaan, melainkan dilakukan dengan musyawarah serta pertimbangan untuk besar kecilnya ganti rugi, Dalam hal ini telah sesuai dengan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 27 Tahun 2016 tentang Pedoman Ganti Rugi Tanam Tumbuh Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum; hambatan-hambatan antara lain adanya penolakan besaran ganti rugi tanam tumbuh dari masyarakat, dan sulitnya mengumpulkan masyarakat. Pengerjaan pembangunan PLTU Teluk Sepang di Kota Bengkulu akan mulai beroperasi pada tahun 2020. Kata Kunci: Hak Pengelolaan, Ganti Rugi Tanam Tumbuh.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:57
Last Modified: 26 Sep 2023 07:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item View Item