IMPLEMENTASI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BENGKULU KELAS 1A NOMOR : 0229/Pdt.G/2019/PA.Bn TENTANG PERKARA CERAI TALAK TERHADAP PEMENUHAN HAK NAFKAH ANAK DAN MANTAN ISTERI

NONIH, SANTIKA PERTIWI and Subanrio, Subanrio and Joko, Susetyanto (2020) IMPLEMENTASI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BENGKULU KELAS 1A NOMOR : 0229/Pdt.G/2019/PA.Bn TENTANG PERKARA CERAI TALAK TERHADAP PEMENUHAN HAK NAFKAH ANAK DAN MANTAN ISTERI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
Nonih Santika Pertiwi -B1A115063- Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Judul Penelitian : Implementasi Hak Nafkah Anak dan Mantan Isteri Pasca Cerai Talak dalam Putusan Pengadilan Agama Kelas 1A Bengkulu Nomor : 0229/PDT.G/2019/PA.BN. Perkawinan salah satu Lembaga keluarga yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena itu setiap manusia yang normal dan dewasa pasti akan mendambakan perkawinan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan menimbulkan hubungan lahir dan batin. Ketika hak dan kewajiban tidak berjalan dengan seimbang dalam membina rumah tangga pertengkaran seringkali terjadi yang mengakibatkan putusnya suatu perkawianan. Putusnya suatu perkawinan adalah istilah hukum yang digunakan untuk menjelaskan perceraian atau berakhirnya suatu huhungan anatara seorang laki-laki dengan yang selama ini hidup sebagai suami isteri. Permasalahan dari penelitian ini ialah (1) Bagaimankah Implementasi Pemberian Hak Nafkah yang didapatkan oleh Anak dan mantan isteri pasca cerai talak dalam putusan Pengadilan Agama Kelas 1A Bengkulu , Nomor : 0229/Pdt.G/2019/PA.Bn. (2) Apa yang Menjadi Dasar Pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara cerai talak Nomor : 0229/Pd.t/2019/PA.Bn terhadap Pemenuhan Hak Anak dan Mantan Isteri ? Adapun tujuan dari penelitian inidengan ketetntuan hukum islam yang berlaku ? Penulisan ini bersifat empiris dan menggunakan pendekatan Deskritif kualitatif. Pengumpulan Data dilakukan dengan Wawancara, Studi Dokumen, dan Teori Putusan Hakim. Hasil yang diperoleh dari Penelitian ini menunjukan bahwa data yang peneliti temukan dilapangan tentang putusan Hakim terhadap nafkah anak tidak efektif, Hak ini dapat dilihat dari tidak terlaksananya putusan Hakim tersebut oleh mantan suami. Kata Kunci : Implementasi, Putusan, Pertimbangan Hakim, Nafkah, Iddah dan Madhliyah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:21
Last Modified: 26 Sep 2023 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16377

Actions (login required)

View Item View Item