Suryani, Novi Ade and Nanang, Arif and Eko, Swistoro and Kancono, Kancono (2015) PENGUKURAN KONDUKTIVITAS PANAS BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK KAYU SERTA IMPLEMENTASINYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. JURNAL PENDIPA, 2 (2). pp. 50-56. ISSN 2086-9363
|
Text (Journal)
Jurnal Pendipa.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (560kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. (2). Mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) tanpa menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. (3). Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar fisika antara model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) yang menggunakan media kit IPA dan tidak menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian ini berupa 10 butir soal berbentuk pilihan ganda yang dibagi dalam tiga tahapan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji-t. Hasil dari penelitian ini bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa dengan model pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) menggunakan media kit IPA diperoleh rata-rata sebesar 65,26, sedangkan hasil belajar yang dicapai siswa dengan model pembelajaran (Children’s Learning In Science) tanpa menggunakan media kit IPA sebesar 61,67, dengan hasil perhitungan thitung sebesar 2,813.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Journal |
Depositing User: | 161 Septi Septi |
Date Deposited: | 19 Mar 2018 04:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 09:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |