PENGUKURAN KONDUKTIVITAS PANAS BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK KAYU SERTA IMPLEMENTASINYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Suryani, Novi Ade and Nanang, Arif and Eko, Swistoro and Kancono, Kancono (2015) PENGUKURAN KONDUKTIVITAS PANAS BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK KAYU SERTA IMPLEMENTASINYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. JURNAL PENDIPA, 2 (2). pp. 50-56. ISSN 2086-9363

[img]
Preview
Text (Journal)
Jurnal Pendipa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. (2). Mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) tanpa menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. (3). Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar fisika antara model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) yang menggunakan media kit IPA dan tidak menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian ini berupa 10 butir soal berbentuk pilihan ganda yang dibagi dalam tiga tahapan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji-t. Hasil dari penelitian ini bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa dengan model pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) menggunakan media kit IPA diperoleh rata-rata sebesar 65,26, sedangkan hasil belajar yang dicapai siswa dengan model pembelajaran (Children’s Learning In Science) tanpa menggunakan media kit IPA sebesar 61,67, dengan hasil perhitungan thitung sebesar 2,813.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:35
Last Modified: 20 Mar 2018 09:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item