ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMAN 9 KOTA BENGKULU

Viani, Dwi Okta and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMAN 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DWI OKTA VIANI_A1D018033_BERKAS PERPUS UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal yang dirancang sebagai instrument tes dan untuk mendeskripsikan tentang pemahaman konsep peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan populasi peserta didik kelas X MIPA SMAN 9 Kota Bengkulu pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel uji coba dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pemberian soal tes objektif melalui aplikasi Quizizz yang mencakup ranah kognitif dan dianalisis berdasarkan persentase jawaban benar peserta didik pada aplikasi Quizizz. Analisis tingkat kevalidan, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal dilakukan dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen soal tes dinyatakan valid, memiliki reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,701, dan tingkat kesukaran seluruh soal termasuk ke dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep peserta didik pada materi ekosistem diperoleh rata-rata pemahaman konsep sebesar 57,28%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep peserta didik berada pada kategori sedang. Indikator pemahaman konsep dengan kategori tertinggi yaitu indikator menafsirkan dengan persentase sebesar 84% dan indikator pemahaman konsep terendah yaitu indikator menjelaskan dengan persentase 41%. Sedangkan persentase indikator pemahaman konsep lainnya yaitu indikator mencontohkan sebesar 59%, indikator membandingkan sebesar 47%, indikator menyimpulkan sebesar 52%, indikator merangkum sebesar 45% kategori sedang. Serta indikator mengklasifikasi sebesar 73% dengan tingkat kategori tinggi. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Quizizz, Ekosistem, Tes Kognitif, Evaluasi pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:27
Last Modified: 27 Sep 2023 01:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item