MISKONSEPSI MATERI PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER I

Imran, Ranny Fitria and Zulyusri, Zulyusri and Linda, Advinda (2015) MISKONSEPSI MATERI PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER I. JURNAL PENDIPA, 2 (2). pp. 57-64. ISSN 2086-9363

[img]
Preview
Text (Journal)
JURNAL PENDIPA Vol 2 No 3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sekaligus sebagai media pembelajaran adalah buku teks pelajaran. Saat ini buku yang digunakan oleh guru dan siswa yang paling banyak digunakan di SMA Negeri Kota Pariaman lebih dari satu penerbit, sehingga ada kecenderungan satu buku dengan buku yang lain berbeda dalam penyajiannya yang diduga dapat menyebabkan miskonsepsi materi, termasuk buku teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku biologi terbitan Erlangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi materi yang terdapat dalam buku teks pelajaran Biologi SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yang berupa analisis dan identifikasi miskonsepsi materi. Konsep yang telah diidentifikasi kemudian dibandingkan dengan buku acuan. Buku acuan yang digunakan yaitu Plant Anatomy oleh A. Fahn (1982); Cell Biology oleh Neal Thorpe (1984); Invertebrate Zoology oleh Engemann, J., and Robert Hegner (1981); Introductory Plant Biology oleh Kingsley Stern (2000); Analysis of Vertebrate Structure oleh Milton Hildebrand (1988). Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk naratif, yaitu dengan cara mendeskripsikan materi pelajaran biologi yang mengalami miskonsepsi. Materi yang diteliti yaitu: 1) Sel, 2) Struktur Jaringan Hewan dan Tumbuhan, 3) Sistem Gerak Manusia , dan 4) Sistem Peredaran Darah. Materi yang mengalami miskonsepsi terdapat pada materi struktur jaringan tumbuhan, sistem gerak manusia dan sistem peredaran darah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:38
Last Modified: 20 Mar 2018 02:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item