PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PLANTAE KELAS X SMA BERDASARKAN KERAGAMAN TUMBUHAN OBAT DI DESA PEKIK NYARING

AGUSTIN, FENTY and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PLANTAE KELAS X SMA BERDASARKAN KERAGAMAN TUMBUHAN OBAT DI DESA PEKIK NYARING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Fenty Agustin_A1D018012_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan obat yang digunakan masyarakat Desa Pekik Nyaring lalu kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar berupa buku saku. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang mengacu pada sugiyono. Pengambilan data tumbuhan obat dilakukan di Desa Pekik Nyaring, Bengkulu Tengah. Uji kelayakan buku dilakukan oleh validator ahli bahan ajar, ahli media, dan praktisi pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 67 spesies (39 famili) tumbuhan obat. Famili terbanyak yang digunakan adalah Zingiberaceae, yakni sebanyak 6 spesies tumbuhan. Desain buku saku yang dikembangkan: 1) Sampul depan dan belakang, 2) Kata Pengantar, 3) Daftar Isi, 4) Capaian Pembelalajaran, 5) BAB I Kingdom Plantae, 6) BAB II Profil Desa, 7) BAB III Tumbuhan Obat Desa Pekik Nyaring, 8)Latihan Soal, 9) Kunci Jawaban, 10) Daftar Pustaka, 11) Biografi Penulis. Hasil validasi terhadap buku saku memperolah persentase antara 81%-100% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut, buku saku yang dikembangkan sangat layak sebagai bahan ajar materi plantae sub materi angiospermae kelas X SMA. Kata Kunci: Buku Saku, Pekik Nyaring, Plantae, Tumbuhan Obat

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:00
Last Modified: 27 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item