HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian)

ASTRINI, LIA AYU and Achmad, Aminudin and Sugeng, Suharto (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
LIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam layanan akta kelahiran dan akta kematian dari pintu ke pintu (PAK DAPIT)) dengan kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebong. Dengan menggunakan data dari kuesioner dan analisis regresi berganda, metode penelitian adalah studi kuantitatif untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan tingkat hubungan yang kuat antara dimensi kualitas pelayanan melalui dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, benda berwujud terhadap kepuasan masyarakat. Secara simultan, kelima dimensi memiliki hubungan positif signifikan dengan kepuasan masyarakat. Secara parsial, Dimensi benda berwujud memiliki hubungan paling dominan dan signifikan, diikuti dimensi Kehandalan, Jaminan, Empati dan daya tanggap menjadi dimensi terendah dalam hubungannya dengan kepuasan masyarakat. Studi ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan administrasi kependudukan dengan kepuasan masyarakat. Semakin tinggi peningkatan kualitas pelayanan maka semakin tinggi persepsi kepuasan masyarakat. Hal ini menandakan bahwa individu lebih puas dengan pelayanan yang diberikan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ketika kualitas pelayanan akta kelahiran dan akta kematian lebih baik. Penelitian ini menyarankan untuk melakukan perbaikan pada dimensi daya tanggap dengan menunjukkan sikap yang dirasakan langsung oleh masyarakat secara visual agar dapat memaksimalkan kepuasan masyarakat dan meningkatkan d

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:31
Last Modified: 27 Sep 2023 04:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16407

Actions (login required)

View Item View Item