PENERAPAN LKPD IDENTIFIKASI JENIS CAPUNG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU

Harahap, Meliani and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) PENERAPAN LKPD IDENTIFIKASI JENIS CAPUNG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CD MELIANI HARAHAP (A1D018054).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan LKPD Identifikasi Jenis Capung menggunakan model Discovery Learning pada materi keanekaragaman hayati jenis capung terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah lanjutan penelitian pengembangan (Research and Devolopment) yaitu implementasi LKPD identifikasi jenis capung dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian terdiri dari intrumen tes berupa soal pretest dan posttest untuk melihat keefektifan hasil belajar kognitif (C1-C4) menggunakan uji-t dengan hasil 0,297 pada pretest menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dan 0,01 pada posttest yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada masing�masing kelompok, serta uji N-gain dengan hasil 0,738 dengan kriteria tinggi pada kelas eksperimen dan 0,499 dengan kriteria sedang pada kelas control, dan instrument non tes untuk melihat respon siswa terhadap keterlaksaan LKPD Identifikasi Jenis Capung dengan hasil pada aspek ketertarikan 90% siswa setuju dan 10% siswa tidak setuju, pada aspek materi 83,3% siswa setuju dan 16,7% siswa tidak setuju, pada aspek bahasa 93,3% siswa setuju dan 6,7% siswa tidak setuju, pada aktifitas mengajar guru dengan hasil 93,7% dengan kriteria baik dan pada aktifitas siswa saat pembelajaran dengan hasil 92,1% dengan kriteria baik. LKPD Identifikasi Jenis Capung menggunakan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning, Keanekaragaman Hayati, Capung (Odonata), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:05
Last Modified: 27 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16423

Actions (login required)

View Item View Item