“IMPLEMENTASI BOOKLET TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA”

MIFTAHUSALIMAH, PINGKAN LUTHFIYYAH and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) “IMPLEMENTASI BOOKLET TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_PINGKAN LUTHFIYYAH M_A1D018021_PENDIDIKAN BIOLOGI_FKIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, peserta didik dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu pada materi Plantae, submateri Tumbuhan Paku (pteridophyta) melalui penerapan media ajar booklet dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahapan menurut model Kemmis dan McTaggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan peserta didik menggunakan instrument berupa lembar observasi. Selain itu, digunakan tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan instrument berupa lembar tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan bertumbuhnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Skor rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus I adalah sebesar 57 (baik), meningkat menjadi 59 (baik) pada siklus II. Skor rata�rata aktivitas belajar peserta didik juga meningkat dari skor 54 pada siklus I menjadi 57 pada siklus II (baik). Hasil Persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I adalah 63,3% (sedang) meningkat menjadi 76,83% pada siklus II (tinggi). Dapat disimpulkan bahwa penerapan booklet Tumbuhan Paku menggunakan model siklus belajar 5E dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada submateri Pteridophyta di kelas X MIPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Peserta Didik, Aktivitas Mengajar Guru, Booklet, Kemampuan Berpikir Kritis, Siklus Belajar 5E

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:05
Last Modified: 27 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16427

Actions (login required)

View Item View Item