SARI, TEIYA NOVITA and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi UNIB_Teiya Novita Sari_A1D018055.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan perangkat pembelajaran dengan model PBL pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 4 SMAN 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan seluruh peserta didik kelas X IPA 4 SMAN 8 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran PBL, aktivitas belajar belajar peserta didik, aktivitas pembelajaran dari guru dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata- rata yaitu 21 (Cukup), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 27,5 (Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 21,5 (Cukup), pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 26,5 (Baik). Data hasil belajar peserta didik meningkatkan hasil belajar baik itu ranah kognitif,afektif dan psikomotorik. Hasil belajar ranah kognitif dianalisis berdasarkan kategori ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan 68,8% (Belum tuntas) pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Ranah psikomotorik pada siklus I diperoleh hasil 8,91 dengan kategori (Cukup) dan meningkat di siklus II dengan perolehan rata-rata 10,3 dengan kategori (Baik). Ranah afektif peserta didik siklus I diperoleh skor 9,69 dengan kriteria (Baik) sedangkan pada siklus II diperoleh skor 10,5 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model PBL dapat meningkatkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran PBL, Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 04:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16429 |
Actions (login required)
View Item |