PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU (QUASI EXPERIMENTAL RESEARCH)

Dahliani, Dahliani and Eko, Risdianto and Eko, Swistoro (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU (QUASI EXPERIMENTAL RESEARCH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi DAHLIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah diberi pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan model PBL, (2) Menjelaskan pengaruh pendekatan saintifk menggunakan model PBL terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif dan lembar observasi sikap untuk mengukur hasil belajar siswa ranah afektif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan software Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan model PBL. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh pendekatan saintifik menggunakan model PBL terhadap hasil belajar siswa diSMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Hasil belajar siswa meningkat terlihat dari nilai rata-rata n-gain, sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model PBL, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:32
Last Modified: 20 Mar 2018 04:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item