YUNIDAR, YUNIDAR and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TUMBUHAN OBAT SUKU BALI DI SUNDA KELAPA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi Cetak Yunidar A1D018027.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tumbuhan obat yang digunakan masyarakat Bali di Sunda Kelapa serta untuk mendeskripsikan hasil kelayakan dan hasil uji keterbacaan E-Modul Tumbuhan Obat Suku Bali di Sunda Kelapa. Pengambilan data tumbuhan obat dilakukan di Sunda Kelapa, Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan Borg dan Gall, dengan tahapan 1) Research and information collecting 2) Planning 3) Develop preliminary form of product 4) Preliminary field testing 5) Main product revision. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 51 spesies (35 famili) tumbuhan obat. Data penelitian berupa tumbuhan obat yang digunakan masyarakat Bali di Sunda Kelapa kemudian dikembangkan menjadi suplemen bahan ajar berupa E-modul. E-modul dikembangkan dengan kompetensi dasar 3.2, yakni menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya. Terdapat empat bagian pokok di dalam E-modul, yakni bagian awal, pendahuluan, bagian inti, dan bagian penutup. E-modul dinilai sangat layak dan dapat digunakan dengan revisi skala kecil dengan rincian persentase 91,6% dari ahli bahan ajar, dari ahli materi 89,7%, dan dari praktisi pendidikan 89,9%. Kata Kunci: E-Modul, Keanekaragaman Hayati, Suku Bali, Sunda Kelapa, Tumbuhan Obat
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 01:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 01:47 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16440 |
Actions (login required)
View Item |