PELAKSANAAN TUGAS PENYIDIK POLRI DAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MEMBERANTAS TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOBA DI KOTA BENGKULU

NUZIRIAN, HERIADI and Herlambang, Herlambang and Antory, Royan (2020) PELAKSANAAN TUGAS PENYIDIK POLRI DAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MEMBERANTAS TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOBA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS NUZIRIAN HERIADI NPM.B2A011022-OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana narkoba menjadi kejahatan luar biasa di Indonesia, Kota Bengkulu pada hari ini telah menjadi daerah yang marak terjadinya peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Pemberantasan narkoba di Kota Bengkulu telah dilakukan setiap tahunnya, namun upaya yang telah dilakukan belum mampu menurunkan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba secara signifikan. Di dalam tesis ini, penulis ingin meneliti tentang pelaksanaan tugas penyidik kepolisian dan peran serta masyarakat dalam pemberantasan narkoba yang ada di wilayah Kota Bengkulu. Dengan permasalahan pokok, yaitu : (1) bagaimana pelaksanaan tugas penyidik kepolisian dan peran serta masyarakat dalam pemberantasan peredaran narkoba di Kota Bengkulu? (2) apa kendala yang dihadapi oleh penyidik kepolisian dalam bekerjasama kepada masyarakat guna memberantas peredaran narkoba di Kota Bengkulu ? (3) bagaimana perlindungan hukum peran serta masyarakat dalam pemberantasan narkoba di Kota Bengkulu ? Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan empiris atau pendekatan hukum yang terjadi secara langsung di masyarakat. Sumber data yang digunkan dalam penelitian ini adalah keterangan dari responden yang memiliki otoritas terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah, pelaksanaan tugas penyidik kepolisian telah dilakukan dengan langkah pencegahan dan penindakan. Dalam pelaksanaannya, pemberantasan tindak pidana narkoba juga dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kota Bengkulu dengan menjalankan peran pencegahan, rehabilitasi, dan pemberantasan. Peran masyarakat belum optimal dalam membantu pemberantasan peredaran narkoba di Kota Bengkulu. Perlindungan hukum telah dijalankan sesuai dengan konsepsi yuridis yang berlaku, namun pola perlindungan yang dilakukan tidak mampu dipahami secara utuh oleh masyarakat. Hambatan penyidik kepolisian dalam bekerjasama kepada masyarakat dapat diklasifikasikan dalam hambatan internal dan eksternal. Kepedulian masyarakat dan kurangnya jumlah personil menjadi hambatan utama dalam kerjasama penyidik dan masyarakat dalam pemberantasan peredaran narkoba di Kota Bengkulu. Kata Kunci : Peredaran Narkoba, Penyidik, Peran Masyarakat, Perlindungan Hukum, Kerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:50
Last Modified: 27 Sep 2023 04:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16444

Actions (login required)

View Item View Item