PERAN BHABINKAMTIBMAS POLRI DALAM IMPLEMENTASI RESTORATIVE JUSTICE TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DI WILAYAH HUKUM POLRES BENGKULU UTARA

YOSRIL, RADIANSYAH and Hamzah, Hatrik and Antory, Royan (2020) PERAN BHABINKAMTIBMAS POLRI DALAM IMPLEMENTASI RESTORATIVE JUSTICE TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DI WILAYAH HUKUM POLRES BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS YOSRIL RADIANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan terkait dengan peran Bhabinkamtibmas Polri dan kendala Bhabinkamtibmas dalam implementasi restorative justice terhadap tindak pidana penganiayaan di wilayah hukum Polres Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apa saja peran dan kendala Bhabinkamtibmas dalam penerapan proses restorative justice terhadap tindak pidana, penelitian ini berjenis penelitian hukum empiris dari fakta�fakta yang ada di dalam suatu masyarakat, badan hukum atau badan pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan Bhabinkamtibmas banyak membantu institusi Polri khususnya Polres Bengkulu utara mulai dari proses deteksi dini terjadinya tindak pidana (preemtif), proses mencegah terjadinya tindak pidana (preventif) dan proses pemecahan masalah serta penegakan hukum (represif) salah satu peran Bhabinkamtibmas adalah sebagai mediator dan fasilitator dalam proses restorative justice terhadap tindak pidana yang terjadi diwilayah tugasnya. Kendala atau hambatan Bhabinkamtibmas dalam menjalankan perannya yaitu dari internal Polri dan personil Bhabinkamtibmas itu sendiri terkait dengan belum maksimalnya sumberdaya manusia Bhabinkamtibmas berupa keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge) dan etika (attitude) serta kendala dari eksternal seperti belum baiknya budaya hukum di masyarakat serta belum adanya hukum positif yang mengatur dan mengakomodir penyelesaian tindak pidana melalui mekanisme restorative justice. Hasil penelitian ini menyarankan perlu adanya pembaharuan hukum yang mengakomodir proses restorative justice guna efektifitas penegakan hukum pidana di Indonesia. Kata kunci : Peran dan hambatan Bhabinkamtibmas Polri dalam implementasi restorative justice.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:33
Last Modified: 27 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16454

Actions (login required)

View Item View Item