ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG TENTANG PEMBATALAN HAK TANGGUNGAN DI ATAS TANAH SENGKETA HARTA BERSAMA SEBAGAI JAMINAN KREDIT BANK (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2301 K/Pdt/2007)

YULI, MARIA and Hermawan, sanuni and Emelia, Kontesa (2020) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG TENTANG PEMBATALAN HAK TANGGUNGAN DI ATAS TANAH SENGKETA HARTA BERSAMA SEBAGAI JAMINAN KREDIT BANK (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2301 K/Pdt/2007). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS YULI MARIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang perlindungan hukum pemberi Hak Tanggungan dan pemegang Hak Tanggungan dan pihak ketiga setelah sertipikat Hak Tanggungan Nomor. 179/2005 atas tanah sengketa milik bersama dibatalkan (studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2301 K/Pdt /2007) dan untuk mengetahui dan menganalisis apakah keadilan dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2301 K/Pdt /2007 yang membatalkan sertipikat Hak Tanggungan telah sesuai dengan azas keadilan. Berdasarkan penelitian hukum yang bersifat normatif terhadap ketentuan hak tanggungan dan putusan pengadilan serta dengan menggunakan analisis interpretasi/ penafsiran berdasarkan kata-kata yang biasa disebut interpretasi gramatikal, diperoleh hasil sebagai berikut : pertama Perlindungan hukum bagi pemberi, pemegang Hak Tanggungan serta pihak ketiga adalah tidak sama. Perlindungan hukum hanya diberikan kepada pihak-pihak yang melakukan perbuatan hukum yang sesuai dengan prosedur yang berlaku; kedua Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2301 K/Pdt/2007 terkait putusan mengembalikan hak atas harta bersama yang masih utuh dan belum terbagi secara yuridis telah memenuhi azaz keadilan. Kata kunci : Pembatalan Hak Tanggungan, Sengketa Harta Bersama, Jaminan Kredit

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:39
Last Modified: 27 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item View Item