IM PROVI NG STUDENTS’ SPE AKI NG ABI LI TY USI NG PEER FEEDBACK TECHNIQUE: A CLASSROOM ACTION RESEARCH OF THE NINTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH PAGAR ALAM

CANDRALIANSYAH, CANDRALIANSYAH and Bambang, Suwarno and I Wayan, Dharmayana (2017) IM PROVI NG STUDENTS’ SPE AKI NG ABI LI TY USI NG PEER FEEDBACK TECHNIQUE: A CLASSROOM ACTION RESEARCH OF THE NINTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH PAGAR ALAM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
THESIS CANDRA TERBARU 2017.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menceritakan sebuah teks narative melalui teknik Peer Feedback kelas sembilan SMP Muhammadiyah Pagaralam tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. yang terdiri dari dua siklus. Penulis bekerjasama dengan guru Bahasa Inggris dalam penerapan tindakan kelas. Data diperoleh dari, (1) pengamatan proses belajar dan mengajar selama pelaksanaan tindakan, (2) menilai kemampuan berbicara siswa dan, (3) respons siswa di setiap siklus. Data juga diperoleh melalui catatan selama di lapangan, kolom pengamatan, angket dan tes lisan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Peer Feedback efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam menceritakan sebuah teks narrative. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada awal pertemuan yaitu 28.50,di siklus 1 52.50, dan siklus 2 meningkat menjadi 83.75. Persentasi siswa yang melewati kriteria nilai minimum yaitu: 0 % pada pertemuan awal, 40.63 % setelah siklus 1, dan 100 % setelah siklus 2. Hasil pengamatan siswa di siklu s 1 a d a lah „sed an g‟ d e n ga n n ila i rata -rata 2.45; di siklus 2 adalah „san ga t ba ik‟ d en ga n nila i rata -rata 3.56. Hasil pengamatan guru di siklus 1 a d a lah „ba i k‟ d en ga n n ila i rata -rata 3.20; d i siklu s 2 a d a lah „san ga t b a ik‟ dengan nilai rata-rata 3.80. Hasil persentasi angket secara umum siswa merespons positif terhadap teknik ini. Siswa merasa bahwa Teknik Peer Feedback membantu mereka dalam kemampuan berbicara. Hal ini menyatakan bahwa penerapan teknik Peer Feedback dalam meningkatkan kemampuan berbicara memberikan efek positif dalam kemampuan berbicara menceritakan teks narrative.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:19
Last Modified: 21 Mar 2018 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16458

Actions (login required)

View Item View Item