FADHILA, ALMA and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES PESERTA DIDIK KELAS VIII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
ALMA FADHILA_A1D018053_PERPUS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Pembelajaran memiliki berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar materi dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik, salah satunya dengan menggunakan bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat berupa lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap LKPD berbasis PBL Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia serta melihat hasil belajar dan keterampilan proses berdasarkan LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) berdasarkan Borg dan Gall (1983), yang hanya dilakukan hingga tahap 4 (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket dan tes. Hasil uji validasi yang dilakukan berdasarkan 3 orang ahli mendapatkan nilai, ahli materi 96%, ahli bahan ajar 96,15% dan ahli praktisi 70,29%. Hasil nilai hasil belajar peserta didik menggunakan N�gain didapatkan N-gain Score 0,74 dengan kriteria tinggi, Sedangkan hasil penilaian keterampilan proses peserta didik mendapatkan nilai 87,93% dengan kriteria sangat baik. KATA KUNCI: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Sistem Ekskresi Pada Manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 01:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 01:47 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16459 |
Actions (login required)
View Item |