NURHASANAH, ANGGUN DIYAN and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK KELAS X SMA/MA BERBASIS KERAGAMAN TUMBUHAN RITUAL ADAT SUKU BALI DI SUNDA KELAPA BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Anggun Diyan N_A1D018009_Skripsi UNIB.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bagian dari upacara ritual adat suku Bali dan hasil kelayakan e-modul materi keanekaragaman hayati kelas X SMA/ MA berdasarkan keragaman tumbuhan yang digunakan untuk ritual adat suku Bali di Desa Sunda Kelapa, Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model Thiagarajan (4-D) yang terbatas pada 3 langkah yaitu Define, Design, dan Development. Subjek penelitian adalah dosen Biologi UNIB, guru Biologi, dan siswa X IPA SMAN 9 Kota Bengkulu. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket dengan instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan lembar angket. Hasil analisis data keragaman tumbuhan yaitu terdapat 31 jenis tumbuhan, 20 famili, dan organ bunga yang dominan digunakan sebagai penunjang kegiatan ritual adat suku Bali. Hasil analisis kelayakan e-modul oleh validator mendapatkan skor 92,88% dengan kategori sangat layak untuk digunakan oleh peserta didik. Hasil analisis uji respon siswa mendapatkan skor 88,18% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: e-modul, keragaman tumbuhan, ritual adat suku Bali, kelayakan e�modul
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 01:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 01:47 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16461 |
Actions (login required)
View Item |