IMPLEMENTASI BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN KERAGAMAN IKAN DI SUNGAI AIR NOKAN BENGKULU UTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Utari, Indah Novi and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) IMPLEMENTASI BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN KERAGAMAN IKAN DI SUNGAI AIR NOKAN BENGKULU UTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Indah Novi Utari_ Draft Skripsi Cetak (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Bengkulu Utara dan SMA Negeri 8 Bengkulu Utara sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan buku saku keragaman ikan di Sungai Air Nokan Bengkulu Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Bengkulu Utara sebanyak 30 orang dan siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 8 Bengkulu Utara sebanyak 30 orang tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Analisis data menggunakan uji t dua sampel berpasangan (paired sample t Test). Hasil menunjukkan rata nilai posttest lebih besar dari nilai rata pretest, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sesudah diterapkanya buku saku keragaman ikan di sungai Air Nokan Bengkulu Utara, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan buku saku keragaman ikan di sungai Air Nokan Bengkulu Utara. Kata Kunci : Keanekaragaman ikan, Sungai Air Nokan, Buku Saku.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:48
Last Modified: 02 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item