PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RATU SAMBAN KOTA ARGA MAKMUR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

WELLY, DHIAN PRAMANA and Candra, Irawan and Ganefi, Ganefi (2020) PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RATU SAMBAN KOTA ARGA MAKMUR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan perlindungan hak-hak konsumen dalam pelayanan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Arga Makmur belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dikarenakan masih banyak pihak konsumen yang belum merasa puas atas pelayanan dan kinerja pihak PDAM. Adapun tujuan penelitian ini untuk meganalisis mengenai pelaksanaan perlindungan hak-hak konsumen PDAM apakah sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan untuk menganalisis upaya penyelesaian masalah yang terjadi antara pihak konsumen dan PDAM. Metode penelitian hukum yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis sosiologis maka Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus-kasus pengaduan dari konsumen terhadap kinerja PDAM. Bahwa dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hak-hak konsumen Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur pelaksannaannya tidak sesuai dengan apa yang tertuang dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Selanjutnya Pihak Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban harus lebih jeli lagi dalam melihat mengenai masalah perlindungan konsumen yaitu terkait tentang keseimbangan antara hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha. Hanya saja ada beberapa hal yang timbul dalam hak dan kewajiban konsumen yang belum terpenuhi atau belum baik sehingga perlunya perbaikan dalam pelayanan dari pihak Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur agar hak-hak para konsumennya terpenuhi dengan baik, serta pihak Perusahaan Daerah Air Minum juga harus meningkatkan kualitas SDM dan melakukan evaluasi terhadap pegawainya serta kelambatan tindakan dalam penanganan secara langsung oleh pihak Perusahaan Daerah Air Minum terkait laporan pengaduan para konsumen yang masuk, karena masih banyak laporan dan pengaduan konsumen yang masuk akan tetapi pihak Perusahaan Daerah Air Minum masih lambat dalam hal penanganannya, yang akhirnya memberi kesan ketidak puasan para konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur. Penyelesaian masalah antara pihak konsumen dengan pihak Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur terkait laporan pengaduan tentang pelayanan air bersih dapat terselesaikan dengan cara penyelesaian melalui upaya negosiasi kekeluargaan antara kedua belah pihak, yaitu antara pelaku usaha Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur dengan pihak konsumen/pelanggannya tanpa ada upaya penyelesaian masalah melalui jalur hukum. Kata Kunci : Perlindungan, Konsumen, Air Bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:03
Last Modified: 29 Sep 2023 02:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16473

Actions (login required)

View Item View Item