AKIBAT HUKUM DAN PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS TERHADAP AKTA YANG DINYATAKAN CACAT YURIDIS OLEH PENGADILAN AGAMA (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BENGKULU) (Nomor 854/Pdt.G/2019/PA.Bn)

Deni, Hartanto and Candra, Irawan and Widiya, N Rosari (2020) AKIBAT HUKUM DAN PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS TERHADAP AKTA YANG DINYATAKAN CACAT YURIDIS OLEH PENGADILAN AGAMA (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BENGKULU) (Nomor 854/Pdt.G/2019/PA.Bn). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Notaris sebagai pejabat umum yang diatur dalam undang-undang memiliki tanggung jawab terhadap setiap akta yang dibuatnya, jika akta tersebut mengandung cacat yuridis dan menimbulkan sengketa ke pengadilan. Putusan Pengadilan Agama Pengadilan Agama (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Bengkulu (Nomor 854/Pdt.G/2019/Pa.Bn) yang dibuat Notaris dinyatakan cacat yuridis oleh Majelis Hakim karena isinya dinilai menyalahi ketentuan peraturan perundang-undangan. Permasalahan yang diangkat dalam Tesis ini ialah apa saja alasan yuridis yang digunakan pengadilan untuk menyatakan cacat yuridis suatu akta Notaris, bagaimana akibat hukum terhadap akta notaris yang dinyatakan cacat yuridis oleh pengadilan, bagaimana pertanggungjawaban Notaris terhadap akta yang dinyatakan cacat yuridis oleh pengadilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui alasan yuridis yang digunakan pengadilan untuk menyatakan cacat yuridis suatu akta notaris, untuk mengetahui akibat cacat yuridis akta Notaris oleh pengadilan dan untuk mengetahui pertanggungjawaban notaris terhadap akta yang dinyatakan cacat yuridis oleh pengadilan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif (yuridis normatif). Teknik penumpulan data diperoleh dengan cara penelitian kepustakaan (library research) berupa studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis kualitatif, selanjutnya ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode berpikir deduktif. Alasan yuridis pengadilan untuk menyatakan cacat yuridis suatu akta notaris adalah jika akta Notaris tidak memenuhi persyaratan objektif dan subjektif dalam suatu perjanjian. Akibat hukum cacat yuridis terhadap akta notaris oleh pengadilan yaitu berubahnya status dan kekuatan pembuktian suatu akta Notaris sebagai akta otentik menjadi akta di bawah tangan. Pertanggungjawaban notaris terhadap akta yang dinyatakan cacat yuridis oleh pengadilan meliputi pertanggungjawaban perdata, pidana dan administrasi. Penelitian ini menyarankan agar Hakim harus membuat keputusan yang bijaksana dan seadil-adilnya dalam menangani setiap perkara, terutama yang berkaitan dengan akta notaris. Setiap akta yang dibuat Notaris harus memenuhi persyaratan materil dan formil. Notaris harus siap dan bertanggungjawab terhadap setiap produk akta yang dibuatnya, baik secara perdata, pidana dan administrasi. Kata Kunci : Akibat hukum, Pertanggungjawaban, Notaris, Akta, Pengadilan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:12
Last Modified: 29 Sep 2023 04:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item