IMPLEMENTASI DANA BANTUAN PARTAI POLITIK BAGI PARTAI POLITIK TINGKAT PROVINSI BENGKULU DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN POLITIK MASYARAKAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PARTAI POLITIK

DEVA, AGUSTHA and Amancik, Amancik and Edra, Satmaidi (2020) IMPLEMENTASI DANA BANTUAN PARTAI POLITIK BAGI PARTAI POLITIK TINGKAT PROVINSI BENGKULU DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN POLITIK MASYARAKAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PARTAI POLITIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS DEVA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Partai Politik memegang peranan penting dalam proses demokrasi suatu negara. Mengingat perannya sebagai infrastruktur politik dalam upaya mencetak kader- kader pemimpin negara di eksekutif maupun legislatif yang merupakan suatu suprastruktur politik. Korelasi keduanya sangatlah penting di dalam perwujudan prinsip negara hukum yang didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi. Guna penguatan pelaksanaan demokrasi dan sistem kepartaian yang efektif diperlukan penguatan kelembagaan serta peningkatan fungsi dan peran Partai Politik. Sehingga dengan demikian diperlukan adanya pemberian bantuan keuangan partai yang bersumber dari dana publik (public financing) yang digunakan sebagai penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat partai politik. Tujuan Penelitian ini untuk memahami dan menganalisis mengenai implementasi dana bantuan partai politik bagi partai politik tingkat Provinsi Bengkulu dalam peningkatan pendidikan politik masyarakat dan mengetahui dan memahami hambatan hukum dalam implementasi dana bantuan partai politik bagi partai politik tingkat Provinsi Bengkulu dalam peningkatan pendidikan politik masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Analisis dilakukan secara Yuridis Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwabesaran dana bantuan bagi partai politik untuk peningkatan pendidikan politik sebesar Rp. 1.200,00 (seribu duaratus rupiah) per suara sah partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Provinsi Bengkulu hanya dapat digunakan partai politik untuk melakukan kegiatan pendidikan politik sebanyak 1(satu) sampai dengan 2(dua) kali dalam satu tahun, sehinggabesaran dana bantuan bagi partai politik untuk peningkatan pendidikan politik masyarakat masih belum ideal dan perlu ditambah besarannya untuk mengoptimalkan kegiatan pendidikan politik masyarakat. Kata Kunci : Partai Politik, Dana Bantuan Bagi Partai Politik, PendidikanPolitik Dan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:15
Last Modified: 29 Sep 2023 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16496

Actions (login required)

View Item View Item