Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Dalam Pelayanan di RSUD Arga Makmur di Tinjau Dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Erni, Sisna Wati and Widiya, N Rosari and Slamet, Mulyono (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Dalam Pelayanan di RSUD Arga Makmur di Tinjau Dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS ERNI SISNA WATI B2A016038.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Perlindungan hukum terhadap pasien sebagai konsumen jasa dalam pelayanan kesehatan di RSUD Argamakmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perlindungan hukum terhadap pasien sebagai konsumen jasa dalam pelayanan kesehatan serta faktor- faktor apakah yang menunjang dan menghambat perlindungan hukum terhadap pasien di RSUD Argamakmur. Dalam penelitian ini penulis mengkaji sejauh mana perlindungan hukum terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan tersebut dilaksanakan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit. Dengan metode yuridis sosiologis penulis mengkaji mengenai perlindungan hukum terhadap pasien dengan melihat sejauh mana hak- hak pasien dipenuhi oleh tenaga kesehatan serta rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap pasien sebagai konsumen jasa dalam pelayanan kesehatan di RSUD Argamakmur Baik, Faktor-faktor yang menghambat dan menunjang terdiri dari faktor Internal dan eksternal yang meliputi faktor komunikasi, Informasi, kesadaran hukum, fasilitas rumah sakit, lingkungan kerja serta sikap dari pasien. Kata Kunci : Perlindungan Pasien, Rumah Sakit, Rumah Sakit Umum Daerah, RSUD

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:29
Last Modified: 29 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16505

Actions (login required)

View Item View Item