PERAN SEKSI PEMBINAAN NARAPIDANA DAN ANAK DIDIK DALAM PEMBINAAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN KASUS NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A BENTIRING KOTA BENGKULU

HERO, HERLAMBANG BRATAYUDHA and Antory, Royan and M., Abdi (2020) PERAN SEKSI PEMBINAAN NARAPIDANA DAN ANAK DIDIK DALAM PEMBINAAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN KASUS NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A BENTIRING KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
Tesis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seperti apa dan bagaimana peran dari Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) pada Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu dalam melakukan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kasus Narkotika, Psikotropika dan Obat-Obatan Terlarang (Narkoba). Seksi Binadik pada dasarnya memiliki kewenangan yuridis untuk melakukan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara umum. peran seperti apa dan bagaimana mekanisme konkrit dalam tahap pelaksanaan yang dapat dilakukan oleh Seksi Binadik dalam melakukan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kasus Narkotika, Psikotropika dan obat-obatan terlarang (Narkoba), masih perlu untuk diteliti dan dikaji lebih rinci, melalui serangkaian kegiatan penelitian yang terstruktur. Penyusunan Tesis ini dilakukan dengan metode penelitian yuridis empiris, yaitu menggabungkan sumber literatur kepustakaan yang dikombinasikan berdasarkan fakta yang ditemui di lapangan. Hasil penelitian: Dapat diketahui apa dan bagaimana peran penting dari Seksi Binadik dalam pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kasus Narkotika, Psikotropika dan obat-obatan terlarang (Narkoba). Pola pembinaan khusus selain pembinaan secara umum yang diselenggarakan Seksi Binadik terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu. Hambatan dalam melaksanakan peran pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kasus Narkotika, Psikotropika dan obat-obatan terlarang (Narkoba). Peran optimal yang dapat dilakukan Seksi Binadik dalam pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kasus Narkotika, Psikotropika dan obat-obatan terlarang (Narkoba). Kelemahan: Kurangnya kerjasama dan koordinasi antara pihak Seksi Binadik LAPAS Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu dengan instansi terkait dengan permasalahan mekanisme pelaksanaan pembinaan WBP Narkoba dalam Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu. Masih terbatasnya anggaran pada Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) LAPAS Bentiring Kelas II A Kota Bengkulu, dalam upaya merehabilitasi WBP Narkoba. Masih terbatasnya jumlah sumber daya manusia baik secara kuantitas maupun kualitas yang bertugas sebagai pegawai pada Seksi Binadik di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu. Masih perlunya regulasi dan kebijakan internal terkait pembinaan WBP Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu. Kata Kunci : Peran, Pembinaan, Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik), WBP Narkoba.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:41
Last Modified: 29 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16509

Actions (login required)

View Item View Item