PELAKSANAAN PENGELOLAAN ZAKAT OLEH BAZNAS KABUPATEN BENGKULU TENGAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT

JONI, NIRWAN and Akhmad, Muslih and Subanrio, Subanrio (2020) PELAKSANAAN PENGELOLAAN ZAKAT OLEH BAZNAS KABUPATEN BENGKULU TENGAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS JONI NIRWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk memperoleh pemahaman mengenai pelaksanaan dan hambatan pengelolaan zakat oleh Baznas Kabupaten Bengkulu Tengah menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, penelitian hukum empiris adalah “penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti data secara langsung di lapangan (masyarakat) untuk mendapatkan data primer”. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode berfikir deduktif-induktif dan induktif-deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan zakat di BAZNAS Kabupaten Bengkulu Tengah dilakukan dengan cara mengumpulkan zakat yang sudah terkumpul di UPZ-UPZ yang ada di tiap-tiap instansi, kemudian disetorkan ke BAZNAS Kabupaten Bengkulu Tengah untuk di distribusikan. Pendistribusian zakat telah sesuai dengan ketentuan agama, yaitu memenuhi delapa ashnaf. Delapan ashnaf tersebut meliputi fakir, miskin, amil, muallaf, riqap, ghorim, sabilillah dan ibnusabil. Pendayagunaan zakat dipergunakan untuk kegiatan produktif dan konsumtif. Kendala-kendala tersebut antara lain : kurangnya sosialisasi mengenai Undang-Undang Pengelolaan zakat, kurangnya pemahaman zakat pada masyarakat, adanya perbenturan kepentingan, sikap kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS Kabupaten Bengkulu Tengah, keterbatasan dana, kurangnya keteladanan para tokoh masyasrakat, tokoh agama, pejabat pemerintah maupun swasta dalam membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Bengkulu Tengah dan tidak adanya sanksi yang tegas. Kata kunci : Pelaksanaan, Hambatan, Pengelolaan Zakat, Baznas Kabupaten Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:50
Last Modified: 29 Sep 2023 07:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16511

Actions (login required)

View Item View Item