PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) DALAM MEMENUHI HAK ANAK DIDIK DI LAPAS KLAS II BENGKULU

MERIYANI, MERIYANI and Antory, Royan and Lidia, Br. Karo (2020) PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) DALAM MEMENUHI HAK ANAK DIDIK DI LAPAS KLAS II BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS HASIL MERIYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (647kB)

Abstract

Anak merupakan potensi nasib manusia hari mendatang, dialah yang ikut berperan menentukan sejarah bangsa sekaligus cermin sikap hidup bangsa pada masa mendatang. Pada dekade terakhir ini, banyak kasus kriminalitas seperti perampokan, pembegalan, pemerkosaan, hingga pembunuhan yang terjadi di Indonesia pelakunya justru berusia dibawah 18 tahun atau tergolong anak. Tindak kriminalitas yang melibatkan anak-anak tiap tahun mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran LPKA dalam memenuhi hak anak didik, apa saja kendala serta upaya dalam memenuhi hak anak didik pemasyarakatan di LPKA Klas II Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris/nondoktrinal. Dilihat dari sudut sifatnya maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bengkulu dalam memenuhi hak anak didik belum berjalan dengan maksimal, terutama dalam hal penyelenggaraan pembinaan anak didik pemasyarakatan (andikpas). Pembinaan Anak terdiri dari Pembinaan Kepribadian, Pembinaan Keterampilan dan Pendidikan. Adapun kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu dalam memenuhi hak anak didik yaitu, dari sisi sumber daya manusia yaitu terkait kuantitas dan kualitas petugas LPKA tersebut, dimana dibutuhkan SDM terampil yang sesuai tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan bidang keilmuannya, saranan dan prasarana berupa bangunan gedung serta alat perlengkapan lainnya, anggaran berupa dana dalam menunjang pelaksanaan program-program pembinaan. Upaya yang dilakukan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bengkulu dalam memenuhi hak anak didik pemasyarakatan adalah meningkatkan kualitas petugas LPKA dengan cara mengikut sertakan petugas dalam pelatihan- pelatihan yang berguna untuk menambah pengetahuan petugas, meningkatkan disiplin petugas LPKA agar dalam penyelenggaraan tugasnya harus selalu berpegang pada prinsip perlindungan anak, melaksanakan pembinaan terhadap anak didik pemasyarakatan dengan cara peningkatan program-program pembinaan serta pendidikan lainnya, menjalin kerjasama sebanyak mungkin dengan mitra kerja, agar hak anak didik pemasyarakatan dapat terpenuhi semaksimal mungkin. Kata Kunci: Peran, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Hak Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:21
Last Modified: 29 Sep 2023 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16518

Actions (login required)

View Item View Item