PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP RETURN SAHAM DIMEDIASI OLEH PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI)

Anfasah, Fadhel and Nurna, Aprila and Lisa, Irwansyah (2023) PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP RETURN SAHAM DIMEDIASI OLEH PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Fadhel Anfasah (C1C016060) - Fadhel anfasah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dan pergerakan pasar modal di dalam negeri memperlihatkan kemajuan teknologi informasi, terkhusus dalam bidang fintech. Orang-orang dapat mengakses dan memperoleh informasi serta data dari fintech mengenai hal-hal yang ingin mereka ketahui, serta memahami berbagai peristiwa yang sedang terjadi. Hal ini juga akan berdampak pada perilaku investor. Komunikasi digital dalam bidang fintech yang ditunjang dengan penggunaan gadget untuk memudahkan pencarian informasi mengenai saham yang akan dibeli, dan performa kerja perusahaan yang akan dipilih, laporan tahunan serta segala informasi dari internet dalam rangka melakukan analisis sebelum mengambil keputusan investasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh financial technology terhadap return saham yang dengan variabel profitabilitas sebagai mediasi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis empiris kuantitatif yang memaparkan kejadian atau fenomena dan dijadikan objek penelitian. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling digunakan untuk pengumpulan data dengan kriteria yaitu termasuk dalam perusahaan sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2018 - 2020, serta memiliki data laporan tahunan yang dapat diakses dan jelas, dalam hal ini 39 perusahaan perbankan yang memenuhi syarat dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial technology memiliki pengaruh secara langsung terhadap return saham tanpa adanya profitabilitas. Hal ini mengindikasikan bahwa fintech yang melahirkan layanan, teknologi, atau adanya model bisnis baru memberikan pengaruh pada stabilitas moneter, sistem finansial, efisiensi, kemudahan, sekuritas serta reliabilitas sistem transaksi yang pada akhirnya mampu mendorong pertumbuhan Return Saham secara langsung. Keterbatasan penelitian ini adalah kapabilitas dari variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen yang relative kecil. Serta, keterbatasan bahwa terdapat data tidak memediasi hubungan antara financial technology terhadap return saham. Kata Kunci: Financial technology, profitabilitas, return saham.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:58
Last Modified: 29 Sep 2023 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item