PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN ASING DAN RELATED PARTIES TRANSACTION TERHADAP TINDAKAN PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)

Putra, Ade and Isma, Coryanata and Eddy, Suranta (2023) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN ASING DAN RELATED PARTIES TRANSACTION TERHADAP TINDAKAN PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Full Ade Putra Fix (C1C06012) - Anak Kosan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh Related Party Transaction (RPT) dan Foreign Invesment terhadap tindakan penghindaran pajak perusahaan. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Non-Keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2018. Dalam penelitian ini untuk variabel RPT menggunakan proksi penjualan, pembelian dan hutang. Variabel Foreign Invesment dihitung menggunakan jumlah saham asing terhadap saham yang beredar sedangkan penghindaran pajak menggunakan proksi ETR. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Non�Keuangan yang terdaftar di BEI periode 2009 – 2018. Hipotesis di uji menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPT penjualan dan pembelian tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak sedangkan RPT hutang memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak. Untuk variabel Foreign Invesment hasil penelitian menunjukkan bahwa proksi hutang dan pembelian menunjukkan bahwa Foreign Invesment tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak sedangkan FI penjualan berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Kata Kunci: Transaksi hubungan berelasi, Foreign Invesment, dan penghindaran pajak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:06
Last Modified: 29 Sep 2023 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item View Item