PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM (STUDI PADA UMKM BAKERY DI KOTA BENGKULU)

Rahma, Hilda Saskiyah and Dri, Asmawanti and Isma, Coryanata (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM (STUDI PADA UMKM BAKERY DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI HILDA SASKIYAH RAHMA - Hilda Saskiyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja operasional UMKM di Kota Bengkulu, apakah inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja operasional UMKM di Kota Bengkulu dan apakah penggunaan informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja operasional UMKM di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yaitu data yang berupa angka yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Semua data dan informasi yang dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner dan kemudian hasilnya akan dijelaskan untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan menggunakan korelasi untuk mengetahui variabel yang paling berkaitan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM Bakery yang terdapat di Kota Bengkulu. Kriteria sampel dari penelitian ini adalah UMKM bakery di Kota Bengkulu. Responden yang dipilih oleh penulis dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM bakery di Kota Bengkulu yang berjumlah 39 UMKM. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan orientasi pasar, inovasi produk dan penggunaan informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja operasional UMKM. Semakin tinggi tingkat orientasi pasar, inovasi produk dan penggunaan informasi akuntansi maka kinerja operasional UMKM akan semakin baik. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman dan saran yang dapat menjadi pertimbangan bagi pelaku UMKM untuk penggunaan informasi akuntansi agar mempermudah mereka dalam perencanaan usaha, mengontrol kegiatan usaha, pengambilan keputusan dalam pengelolaan usaha, dengan adanya informasi akuntansi pengguna lebih mudah mengetahui perkembangan usaha yang akan dijalankannya. Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi perguruan tinggi untuk dapat memberikan bekal kepada mahasiswa agar dapat terlibat langsung dalam usaha mengembangkan UMKM. Penelitian ini selaras dengan teori resource based view (RBV) yang menjelaskan bahwa perusahaan merupakan sekumpulan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki yaitu inovasi produk dan penggunaan informasi akuntansi. teori market based view (MBV) yang menyatakan bahwa untuk mempunyai keunggulan bersaing dan meningkatkan kinerjanya maka perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor pendorong eksternal, diantaranya yaitu persaingan antar perusahaan dalam industri dan kekuatan pembeli. Untuk menerapkan hal tersebut yaitu dengan meningkatkan orientasi pasar. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu penelitian ini tidak menjelaskan kontribusi yang diberikan oleh UMKM Bakery pada saat mengimplementasikan fenomena data industri, tidak mendefinisikan dengan jelas maksud industri mikro menengah, tidak menjelaskan dengan jelas populasi dan sampel, dan kterbatasan pada pengukuran variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:13
Last Modified: 29 Sep 2023 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item View Item