PENGARUH TATA KELOLA DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA BAZNAS DI PROVINSI BENGKULU MENGGUNAKAN INDEKS ZAKAT NASIONAL

Lesa, Novita and Sriwirdharmanelly, Asmawanti and Isma, Coryanata (2023) PENGARUH TATA KELOLA DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA BAZNAS DI PROVINSI BENGKULU MENGGUNAKAN INDEKS ZAKAT NASIONAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Novita Lesa - Novita Lesa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh tata kelola dan kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja BAZNAS di Provinsi Bengkulu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer dan sekunder. Data sekunder bersumber dari Outlook Indeks Zakat Nasional Aceh, Sumatera Utara, Jambi dan Bengkulu Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Strategis BAZNAS. Sedangkan data primer diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada amil BAZNAS di seluruh Provinsi Bengkulu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif uji regresi berganda menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola tidak berpengaruh terhadap kinerja BAZNAS di Provinsi Bengkulu dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap kinerja BAZNAS di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan implikasi teoritis menunjukkan bahwa hasil penelitian ini mengkonfirmasi atau mendukung teori shariah enterprise. Keberhasilan teori ini dilihat dari sifat amanah pada pimpinan dan juga amil dalam bekerja, amil bertanggungjawab penuh atas zakat yang dibayarkan muzakki untuk disalurkan tepat sasaran kepada mustahik. Pimpinan amil sebagai pengatur organisasi pengurus BAZNAS bertanggungjawab atas keberlangsungan seluruh program kerja sehingga harus mampu melihat kemampuan pegawainya dan diposisikan sesuai kemampuan akademik dan keahlian dibidangnya. Berdasarkan implikasi praktis hasil penelitian ini diharapkan BAZNAS mampu menerapkan prinsip-prinsip tata kelola sehingga dapat menjadi faktor dalam meningkatkan kinerja. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu sedikitnya jumlah responden, terdapat beberapa kuesioner yang diisi tidak sesuai dengan kriteria yang dituju dan adanya kuesioner kosong yang kembali, dan peneliti kesulitan menyimpulkan hasil dari kuesioner Kata Kunci: Tata Kelola, Kualitas Sumber Daya Manusia, Kinerja, Indeks Zakat Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:28
Last Modified: 29 Sep 2023 09:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16547

Actions (login required)

View Item View Item