PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, ASIMETRI INFORMASI, PENEKANAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP KESENJANGAN ANGGARAN (STUDI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN MANOKWARI)

Peday, Vicha A O and Isma, Coryanata (2017) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, ASIMETRI INFORMASI, PENEKANAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP KESENJANGAN ANGGARAN (STUDI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN MANOKWARI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
VICHA A O PEDAY (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, penekanan anggaran, komitmen organisasi dan kompleksitas tugas terhadap kesenjangan anggaran. Mereka saling berpengaruh terhadap kesenjangan anggaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawi negeiri sipil di Kabupaten Manokwari. Sampel penelitian ini adalah eselon II, III dan IV. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer, yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 144 orang, analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 21. Uji hipotesis yang digunakan adalah persamaan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan asimetri informasi, penekanan anggaran dan kompleksitas tugas berpengaruh positif terhadap kesenjangan anggaran, sedangkan partisipasi anggaran dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap kesenjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:44
Last Modified: 28 Mar 2018 03:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item