PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 22 BENGKULU

PUTRI, NADILA ZAKIA ENI EKA and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 22 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
nadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Biologi dengan model pembelajaran berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi sistem pernapasan manusia Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP 22. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL pada materi Sistem Pernapasan Manusia, mendeskripsikan hasil belajar dan keterampilan proses pada LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengadopsi model Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 28 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian terdiri dari pretest dan post-test untuk melihat hasil belajar peserta didik. Pada LKPD terdapat Lembar Observasi dengan 5 aspek Keterampilan Proses. Terdapat 2 variabel yaitu variabel bebas adalah LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning), dan variabel terikat adalah keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Hasil penilaian validasi keseluruhan aspek pada bahan ajar LKPD Biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) materi sistem pernapasan manusia yang dikembangkan memiliki kelayakan sangat baik. Hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa LKPD Biologi berbasis PBL memperoleh persentase sebesar 64,1% dihitung menggunakan rumus n-gain. Serta keterampilan proses memperoleh presentasi sebesar 85. Kata Kunci : Hasil Belajar Peserta Didik Keterampilan Proses, LKPD, PBL (Problem Based Learning)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:27
Last Modified: 03 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item View Item