EFISIENSI ALOKATIF DAN EKONOMIS USAHATANI PADI SAWAH PADA LAHAN KONVERSI DAN NON KONVERSI DI KECAMATAN LUBUK PINANG KABUPATEN MUKOMUKO

Jaja, Jaja and Bambang, Sumantri and Zulkarnain, Yuliarso (2020) EFISIENSI ALOKATIF DAN EKONOMIS USAHATANI PADI SAWAH PADA LAHAN KONVERSI DAN NON KONVERSI DI KECAMATAN LUBUK PINANG KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FULL JAJA PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Peningkatan kebutuhan beras harus diimbangi dengan upaya peningkatan produksi padi. Peningkatan produksi padi berarti harus juga meningkatkan produktivitas padi. Peningkatan produktivitas padi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu intensifikasi dan ekstensifikasi. Kabupaten Mukomuko, memiliki ratusan hektar lahan perkebunan kelapa sawit dan rawa yang telah dikonversikan menjadi lahan sawah. Luas lahan yang dikonversikan menjadi lahan sawah yaitu sebanyak 370 hektar. Salah satu lokasi lahan konversi dan non konversi terletak di Kecamatan Lubuk Pinang. Lahan konversi merupakan sebuah program pemerintah yaitu mengkonversi lahan kelapa sawit dan rawa menjadi lahan persawahan, sedangkan lahan non konversi merupakan lahan padi sawah yang sejak lama mengusahakan atau lahan sawah yang masih produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produksi usahatani padi sawah, menganalisis efisiensi alokatif dan ekonomis, dan uji beda (t-hitung) pendapatan usahatani padi sawah pada lahan konversi dan non konversi di Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko, dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019. Responden penelitian ini berjumlah 90 petani pada lahan konversi dan 82 petani non konversi usahatani padi sawah yang dipilih secara acak (Simple Random Sampling). Metode penelitian yang digunakan adalah metode fungsi produksi Cobb-Douglas, Alokatif dan Ekonomis, dan Uji t (t-hitung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produksi luas lahan dan pupuk setara urea serta Dummy (lahan konversi) berpengaruh nyata dan positif terhadap produksi padi sawah. Hasil analisis efisiensi alokatif menunjukkan Nilai Produk Marginal untuk lahan konversi penggunaan faktor produksi luas lahan, benih setara inpari, pupuk setara urea, tenaga kerja laki-laki dan perempuan lebih besar dari satu, artinya bahwa penggunaan faktor produksi tersebut belum efisien sedangkan pestisida setara filia kecil dari satu, artinya bahwa penggunaan faktor produksi pestisida setara filia tidak efisien, sedangkan untuk non konversi penggunaan faktor produksi luas lahan lebih besar dari satu, artinya bahwa penggunaan faktor produksi lahan belum efisien, sedangkan benih, pupuk setara urea, pestisida setara filia, tenaga kerja laki-laki dan perempuan kecil dari satu atau dapat diartikan penggunaan faktor produksi yang tidak efisien. Hasil efisiensi ekonomis menunjukkan nilai R/C lebih dari satu, artinya usahatani padi sawah mendapat keuntungan dan layak untuk dilakukan. Dan uji beda menujukkan pendapatan lahan konversi lebih kecil dari pada pendapatan lahan non konversi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:24
Last Modified: 03 Oct 2023 02:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item