PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rani, Yeni Sasika and Nikmah, Nikmah (2017) PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
YENI SASIKA RANI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio keuangan dan ukuran perusahaan (size) terhadap peringkat obligasi perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peringkat obligasi. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunkan metode purposive sampling yang terdiri dari: perusahaan yang masuk dalam peringkat obligasi oleh PT.PEFINDO dan tidak mengalami perubahan rating obligasi selama periode pengamatan (tidak berubah status dari high grade ke upper medium grade demikian sebaliknya), perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2015. Sampel penelitian ini berjumlah 16 perusahaan keuangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik biner untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi dengan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) profitabilitas, tidak berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi. (2) Solvabilitas tidak berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi. (3) Likuiditas tidak berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi. (4) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:49
Last Modified: 28 Mar 2018 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item