ANALISIS ALOKASI WAKTU KERJA PEREMPUAN DAN KONTRIBUSI USAHA PENDAP TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Di Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan)

Lintang, Okta Riany Varagita and Bambang, Sumantri and Mustopa, Romdhon (2020) ANALISIS ALOKASI WAKTU KERJA PEREMPUAN DAN KONTRIBUSI USAHA PENDAP TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Di Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FULL LINTANG FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sebagian besar perempuan di Indonesia berupaya membantu suami/kepala keluarga menutupi kekurangan kebutuhan keluarga karena pendapatan suami/kepala keluarga tidak memadai (kecil) dan tidak menentu. Peran perempuan dalam keluarga yaitu sebagai ibu rumah tangga dan bekerja untuk tujuan ekonomi yang mengakibatkan tuntutan yang lebih dari biasanya terhadap perempuan, sehingga perempuan harus dapat membagi alokasi waktu antara untuk melakukan kegiatan pengusaha pendap, kegiatan diluar pengusaha pendap, kegiatan rumah tangga dan kegiatan sosial. Penelitian dilakukan pada 11 September hingga 11 Oktober 2019. Penelitian bertujuan untuk 1) Menganaisis alokasi waktu perempuan pengusaha pendap di Kecamatan Pasar Manna. 2) Menganalisis kontribusi pendapatan dari perempuan pengusaha pendap terhadap pendapatan rumah tangga di Kecamatan Pasar Manna. Metode analisis data menggunakan Analisis deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 35 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pada alokasi waktu kerja perempuan pengusaha pendap lebih banyak di alokasikan untuk pengolahan pengusaha pendap. penerimaan usaha pendap Rp.10.460.571,-bulan dengan produksi rata-rata 697 bungkus pendap dalam satu bulan, sedangkan untuk penerimaan rumah tangga usaha pendap terdiri dari penerimaan suami,anak,pertanian,non pertanian 2.Sedangkan untuk pengeluaran usaha pendap perbulan Rp.4.919.150,-perbulan dengan rata-rata pengeluaran untuk sekali masak pendap Rp.597.785,-bulan sedangkan pengeluaran rumah tangga usaha pendap dari suami,anak, pertanian dan non pertanian 3. Kontribusi pendapatan rumah tangga usaha pendap yang perbulan Rp 8.706.312-. Kata Kunci: Alokasi Waktu Kerja Perempuan Usaha Pendap, Pendapatan, Kontribusi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:27
Last Modified: 03 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16561

Actions (login required)

View Item View Item