STUDI KEANEKARAGAMAN MAKROBENTOS DI WILAYAH KONSERVASI KURA-KURA UNIVERSITAS BENGKULU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA KELAS VII PADA SEKOLAH MTsN

ZULISTIA, WINDA and Bhakti, Karyadi and Agus, Susanta (2017) STUDI KEANEKARAGAMAN MAKROBENTOS DI WILAYAH KONSERVASI KURA-KURA UNIVERSITAS BENGKULU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA KELAS VII PADA SEKOLAH MTsN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
tesis winda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke anekaragaman makrobentos yang ada pada kolam konservasi kura-kura Universitas Bengkulu yang dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa MTsN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan pada bulan februari 2017 sampai Mei 2017. Pengambilan sampel makrobentos dengan menggunakan transek kuadran yang berukuran 1x1 meter yang dibuat sebanyak 6 kuadran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 1,086 individu makrobentos yang tergolong kedalam 3 genus yaitu, Bellamnya, Faunus, dan Pomaceae. Data yang diperoleh dihitung berdasarkan struktur komunitas makrobentos yang terdiri dari kepadatan populasi ( KP) , kelim pahan r elatif ( KR) , f r ekuensi k ehadir an ( FK), I ndeks k eanek arag am an ( H’) dan indeks dominansi (C). Hasil indeks keanekaragaman makrobentos yang terdapat pada kolam konservasi kura-kura berada di bawah 1,5, dengan perolehan tersebut dapat dikatakan bahwa pada kedua kolam konservasi kura-kura memiliki keanekaragaman makrobentos yang tergolong rendah. Pengembangan pembelajaran merujuk pada model Dick & Carey yang dimodifikasi. Pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian kinerja yang dilihat dari keterampilan proses siswa. Hasil validasi pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak di uji cobakan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata keterampilan proses siswa dari aspek kinerja kinerja yang paling tinggi berada pada kriteria baik. Hal ini ditunjukan dengan presentase yang mencapai 67%. Sedangkan yang termasuk kriteria sangat baik mencapai 33%. Sedangkan untuk hasil pengukuran keterampilan proses siswa yang dihitung secara klasikal yang dihitung pada tiap indikator termasuk kedalam kategori baik dan sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 28 Mar 2018 04:05
Last Modified: 28 Mar 2018 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item