PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN SOSIALISASI ANTISIPATIF TERHADAP SIKAP MAHASISWA AKUNTANSI ATAS AKUNTABILITAS SOSIAL PERUSAHAAN

Arif, Zaenal and Lisa, Martiah Nila Puspita (2017) PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN SOSIALISASI ANTISIPATIF TERHADAP SIKAP MAHASISWA AKUNTANSI ATAS AKUNTABILITAS SOSIAL PERUSAHAAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
ZAENAL ARIF (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Akuntabilitas sosial sebagai bagian dari pelaporan terintegrasi berkembangdengan lambat dan pendidikan akuntansi mendapat kritik karena ketidakmampuannyauntuk mengembangkan aspek sosial profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengujpengaruh komitmen profesional dan sosialisasi partisipatif terhadap sikap mahasiswaakuntansi atas akuntabilitas sosial. Artikel ini berargumen bahwa semakin tinggkomitmen profesional dan sosialisasi antisipatif maka semakin tinggi pula dukungan mahasiswa terhadap akuntabilitas sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan responden sebanyak 90 mahasiswadari universitas bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhkomitmen profesional yang positif dan signifikan terhadap dukungan mahasiswa terhadapakuntabilitas sosial perusahaan, sedangkan sosialisasi antisipatif tidak berpengaruhterhadap sikap mahasiswa akuntansi atas akuntabilitas sosial perusahaan. Hasil inimemiliki implikasi pada pendidikan dan pelatihan akuntansi untuk meningkatkan komitmen profesional dan sosialisasi antisipatif untuk mendukung perkembangan pelaporan terintegrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 28 Mar 2018 04:01
Last Modified: 28 Mar 2018 04:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16565

Actions (login required)

View Item View Item